Ban Pakai Nitrogen vs Angin Biasa, Mana yang Lebih Baik? SEVA


Tahukah Anda Perbedaan Tekanan Angin Biasa Dan Tekanan Nitrogen? Green Nitrogen Website resmi

Penggunaan angin hasil ban nitrogen dicampur angin biasa dapat membahayakan Anda saat berkendara. Hal ini disebabkan karena tekanan udara di ban mobil Anda tidak stabil dan suhu di ban akan cepat panas. Perbedaan tekanan udara antara oksigen dan nitrogen akan menyebabkan ban cepat panas dan membuat ban mobil bisa meledak.


Kenapa Mengisi Angin Ban Dengan Nitrogen Lebih Bagus?

Hal tersebut kata Sumarno didasari bahwa udara bebas memiliki komposisi 78% nitrogen, 21% oksigen dan 1% gas lainnya. "Jadi kemurnian tekanan ban meski sudah ditambahkan angin biasa 10%, masih di.


Perbedaan angin nitrogen dengan angin biasa kita harus tau YouTube

Saat ban diisi dengan angin biasa, akan terasa lebih berat karena terjadi proses pemuaian di dalam ban. Sementara kalau diisi dengan angin nitrogen, ban akan terasa lebih ringan. Pada angin biasa ada kandungan airnya, saat panas air akan menguap. Ban jadi lebih penuh dan pastinya lebih berat, makanya sering terjadi pecah ban. Nitrogen tanpa.


Keunggulan Gas Nitrogen Dibanding dengan Angin Biasa untuk Ban Motor Honda Bintang Motor

Pada angin biasa, terdapat kandungan air yang dapat memuai pada suhu tinggi dan mengerut pada suhu rendah, membuat tekanan udara dalam ban menjadi naik turun. Sementara itu, angin nitrogen memiliki kandungan air yang minim, bahkan hampir tidak ada, sehingga tidak ada perubahan ukuran pada suhu tertentu. Oleh karena itu, tekanan udara ban.


Perbandingan Angin Biasa dan Nitrogen, Simak Penjelasan Penting Terkait Pengisian Angin Ban

Contohnya, jika ban dengan angin biasa dikendarai pada siang hari dengan jarak tempuh sekitar 50 kilometer akan terjadi peningkatan tekanan angin hingga 3 psi. Sementara jika ban menggunakan nitrogen kenaikan tekanan ban hanya sekitar 0,5 psi. Untuk perjalanan jauh, pakai angin biasa naiknya bisa lebih banyak lagi. Ini beresiko bikin ban pecah.


Isi Angin Ban Baik Pakai Nitrogen Atau Angin Biasa? Ini Penjelasannya OtomotifZone

Setelah perjalanan, ban mengalami kenaikan sekitar 0,5 psi, dan angin biasa mengalami kenaikan tekanan angin sampai 3 psi atau 6 kali lipat lebih besar dari nitrogen. Jadi apabila ban dalam kondisi sudah tidak bagus, maka ban dengan isi angin biasa berisiko pecah saat perjalanan jauh.


Perbandingan Nitrogen Dan Angin Biasa GPSKU.co.id

Menurut Aan, perbedaan tekanan udara antara angin biasa dengan nitrogen bisa menyebabkan kualitas karet kompon ban menurun. Salah satu layanan pengisian Nitrogen gratis yang diberikan kepada pengendara yang meninggalkan Jakarta selama periode Natal dan Tahun Baru, Minggu (26/12/2021). (Dokumentasi Humas Jasa Marga)


Mana Yang Lebih Baik, Mengisi Angin Ban Motor Menggunakan Angin Biasa Atau Nitrogen? Wahana Honda

Itulah kenapa ban nitrogen dicampur angin biasa sebenarnya kurang tepat. 5. Ban terasa lebih ringan. Dengan sedikitnya kandungan air yang ada di dalam nitrogen, ban kendaraan pun terasa ringan. Apalagi molekul nitrogen juga besar sehingga mudah mengisi seluruh ruang dalam ban. Beda dengan angin biasa yang lebih banyak mengikat air.


Keunggulan angin nitrogen dibanding angin biasa yang belum diketahui SeputaraOtomotif

Masih menurutnya, jika mobil bersifat untuk kendaraan mobilitas sehari-hari maka angin nitrogen tidak terlalu dibutuhkan. "Makanya, pesawat terbang, Moto GP, mobil Formula 1 menggunakan angin nitrogen. Sebenarnya kalau mobil biasa tidak terlalu berguna diisi dengan nitrogen karena tidak dipacu dengan kecepatan tinggi" tutup Abeng. (AW).


Ban Nitrogen vs Angin Biasa, Mana yang Unggul? Garasi.id

Masih menurut Agam, tingkat pemuaian nitrogen lebih rendah dibanding angin biasa. "Sehingga ketika mobil digunakan lama, tekanan ban tidak naik secara drastis seperti pada angin biasa," imbuhnya.


Kenapa Harus Mengisi Tekanan Angin Ban Mobil Pakai Nitrogen?

Manfaat pertama dari angin nitrogen adalah tidak mengandung air. Nitrogen merupakan angin yang sudah disaring, sehingga tak mengandung air di dalamnya. Proses isi angin ban. (Foto: Suzuki) Walaupun tak mengandung air, tetapi suhu angin ketika di dalam ban bisa menjadi lebih dingin. Sehingga tekanan angin di dalam ban bisa lebih terjaga dan.


Perlukah Mengisi Angin Ban Dengan Nitrogen? Autochem Industry

Secara teknis, angin nitrogen yang dicampur angin biasa membuat udara pada ban lebih cepat memuai. Inilah yang menjadi penyebab ban menjadi lebih panas. Kelemahan Memakai Nitrogen. Seperti yang dijelaskan di awal, memakai angin nitrogen ini tetap punya kelemahan. Kelemahan memakai angin nitrogen ini jarang sekali diketahui oleh penggunanya.


Angin Nitrogen Dicampur Angin Biasa Bisa Bikin Ban Mobil Xpander Meledak? YouTube

Maka dari itu, sebelum ban nitrogen dicampur angin biasa, pertimbangkan keunggulannya berikut ini:1. Baca juga: Kenali 9 Jenis Ban Mobil yang Umum DipakaiBolehkah Ban Nitrogen Dicampur Angin Biasa? Jadi, ketika ban nitrogen dicampur angin biasa, manfaat tadi tidak akan AutoFamily rasakan. Jadi, sudah terjawab apakah ban nitrogen dicampur angin.


Ban tubeless motor, lebih baik diisi nitrogen atau angin biasa ya? Green Nitrogen Website

Dari kesimpulannya, Muhammad Rizki menginfokan akan lebih baik bila ban pada kendaraan diisi dengan angin nitrogen dibanding angin biasa. Walaupun konsekuensinya, harus bayar lebih mahal. Untuk pengisian angin biasa, mungkin dengan Rp 2.000 rupiah (motor) dan Rp 5.000 (mobil) sudah cukup. Beda kalau isi dengan angin nitrogen, maka siapkan uang.


Ban Pakai Nitrogen vs Angin Biasa, Mana yang Lebih Baik? SEVA

1. Nitrogen memiliki struktur yang lebih bagus dibandingkan angin biasa karena tidak mudah keluar dari karet ban. Tidak seperti gas oksigen yang mudah keluar dari ban walaupun prosesnya sedikit demi sedikit. 2. Nitrogen merupakan gas udara murni yang sudah tersaring dan tidak memiliki kandungan air di dalamnya.


Ban Nitrogen vs Angin Biasa, Mana yang Unggul? Garasi.id

Penggunaan Angin Nitrogen. Tentu ada keuntungan penggunaan angin nitrogen pada ban mobil. Sebab ban yang diisi nitrogen potensi kempis atau air loss dan berkurangnya tekanan angin cenderung lebih lambat. Hal ini disebabkan oleh gas di dalam ban keluar lebih lambat daripada udara. Dengan tekanan ban yang lebih stabil.

Scroll to Top